• Home
  • Berita Kegiatan
  • Peringatan Hari Anak Nasional 2018 dan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak & Rubella Prov Kaltim
Peringatan Hari Anak Nasional 2018 dan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak & Rubella Prov Kaltim

http://kesehatan.kaltimprov.go.id/asset/img_album/rubela2.jpg

Peringatan Hari Anak Nasional 2018 dan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak & Rubella Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Bigmall Samarinda pada 28/7 yang di hadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Hj. Rini Retno Sukesi dan Kepala Bidang terkait serta hadir pula Perwakilan dari UNICEF dan Perwakilan WHO.

Pada kesempatan acara yang di buka oleh Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Timur, Halda Arsyad menyampaikan bahwa Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Dalam upaya pencegahan tersebut, maka dilaksanakanlah Imunisasi MR (Measles-Rubella) serempak selama bulan Agustus- September 2018 untuk anak usia 9 bulan sd 15 tahun di Posyandu, Puskesmas atau Sekolah. Bulan Agustus Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah mulai PAUD, TK, SD, SMP dan SMA yang berusia dibawah 15 tahun ( termasuk MI/ sederajat, SMP/MTS/sederajat). Bulan September Imunisasi MR diberikan untuk Bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia kurang dari 7 tahun.

Measles/campak dan Rubella merupakan suatu infeksi virus yang sangat menular dan dapat menyebabkan : Rubella kelainan jantung, gangguan pendengaran dan penglihatan, kelainan mental sedangkan Measles/campak menyebabkan radang paru radang otak kebutaan dan gizi buruk.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 700 anak PAUD, TK, SD dan SMP tersebut, Rini Retno Sukesi mengharapkan kepada semua orang tua untuk dapat melindungi anak dari kesakitan ,kecatatan dan kematian karena penyakit campak dan rubella. Vaksin disuntikkan di lengan bagian atas.

Vaksin MR (Measles Rubella/Campak Rubella) akan diberikan serentak mulai tanggal 1 Agustus 2018 sd 30 September 2018 kepada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Tempat pelayanan di Puskesmas, Posyandu, dan sekolah sekolah.

Kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk menyehatkan anak anak Indonesia dari penyakit Campak-Rubella.